2013-02-01

Bahasa Arab dan Ilmu - Ilmunya

Bahasa adalah : Kumpulan kata yang digunakan oleh suatu kaum atau bangsa untuk mengungkapkan maksud yang diinginkannya..

Bahasa itu banyak macamnya, berbeda lafaznya namun memiliki makna yang satu, maksudnya bahasa yang ada di dunia ini walaupun berbeda lafaznya namun memiliki makna yang sama,, namun setiap bangsa menggunakan kalimat dan lafaz yang berbeda satu sama lain..

Sedangkan Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat / bangsa arab untuk mengungkapkan maksud dan tujuannya,, bahasa arab itu sampai kepada kepada kita dengan cara diwariskan dari generasi ke generasi, Bahasa arab-pun dijaga oleh Al-Qur`an dan Hadist  Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam atau satra-sastra arab yang diriwayatkan kepada kita..

Ilmu bahasa arab muncul tatkala adanya ketakutan dari bangsa Arab akan hilangnya bahasa ini disebabkan bercampurnya bangsa arab dengan bangsa non arab yang mengakibatkan terjadi kesalahan-kesalahan dalam pengucapan kata dan susunan kalimat..

Ilmu bahasa arab adalah ilmu yang menjadi wasilah untuk menjaga lisan ( pengucapan ) dan pena ( penulisan ) dari kesalahan dalam bahasa arab. Dan ilmu bahasa arab memiliki 13 cabang , yaitu : shorof , i'rob  , rosam ( cara penulisan ) , al - ma'aani , al-bayaan , al-'arudh , al-qowaafi , qordu asy-syi'ri , al-insya` , al-khitoobah, taariikh al-adab, matn al-lughoh.

Dan dari 13 cabang di atas,  ilmu shorof dan i'rab ( an-nahwu ) adalah yang terpenting.

Sumber : Jami' Ad-Duruus Al-'arobiyyah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar