2013-03-17

Mengenal Kalimat Dalam Bahasa Arab

Kalimat dalam bahasa arab diibarat dengan kata al-kalam ( الكلام ). Al-Kalam adalah Lafaz yang memiliki faidah yang sempurna yang membuat pendengar memahami maksud dan inti dari ucapan. Jadi, jika kita ingin mengucapkan kalimat / kalam dalam bahasa arab, maka harus ada dua syarat yang harus kita penuhi :
  1. Adanya lafaz yang terbentuk dari huruf arab, jadi kalau hanya sekedar menggumam maka itu tidak disebut dengan lafaz. Baik lafaz itu jelas terlihat dalam kalimat atau ia hanya ditakdirkan saja. Sebagai contoh kalimat ( قم ) yang artinya berdirilah ! ini adalah bentuk kata kerja yang secara zhohir hanya memiliki satu kata, namun kata ini memiliki dhomir yang ditakdirkan ( tidak terlihat ) yaitu dhomir (أنت). 
  2. Lafaz itu memberikan faidah, maksudnya bahwa lafaz yang kita ucapkan itu memiliki maksud yang dipahami oleh mereka yang mendengarkan kita.
Ini adalah dua syarat inti dalam membentuk kalimat/kalam dalam bahasa arab.
Suatu susunan kata yang bisa disebut kalimat/kalam dalam bahasa arab haruslah tersusun dari 2 kata paling minimal, baik itu terlihat lafaznya atau tidak, sebagai contoh kata ( قم ) diatas 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar